cara setting ubnt NSM5 sebagai ACCESS POINT



Di era yang serba Modern ini. Teknologi sangat menjadi kebutuhan setiap manusia baik itu yang berada di bidang Pertahanan sampai bidang Pendidikan. Namun tidak semua individu dapat menguasai teknologi tersebut terutama di bidang jaringan Komputer. Oleh karena itu penulis akan berbagi tentang seputar jaringan komputer, yang pertama kali harus diketahui adalah Apa Itu Jaringan Dan Apa Tujuan Jaringan Komputer ?
Jaringan merupakan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data (File, Folder, Aplikasi, Dll). Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai setiap bagian dari jaringan komputer yang meminta ataupun yang memberikan layanan (Service)Pihak yang meminta/menerima layanan sering disebut sebagai klien (Client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut “Peladen” (Server). Desain ini disebut dengan sistem ClientServer dan digunakan pada hampir seluruh jaringan komputer.
Nano Station M5 merupakan sebuah perangkat wireless yang bekerja di Frekuensi 5Ghz, yang mana saat ini masih kurang perangkat End Device seperti laptop/Smartphone yang mampu mendeteksi Frekuensi 5Ghz, Karena pada umumnya perangkat seperti laptop/Smartphone bekerja di Frekuensi 2.4Ghz.
Berikut ini cara Konfigurasi Ubiquiti Nano Station M5 sebagai Acces Point :
1.      Setting Ip Address Laptop/PC yang akan digunakan melakukan konfigurasi NSM5 ini menjadi sekelas dengan IP defaultNSM5, Untuk IP default (Standar) adalah 192.168.1.20 perangkat UBNT.
2.      Pasang kabel LAN di Laptop/PC anda lalu hubungkan dengan colokan LAN yang ada di POE Adaptor.
3.      Pasang kabel LAN di NSM5 lalu hubungkan dengan colokan yang berlabel POE pada Adaptor(INGAT,JANGAN SAMPAI KEBALIK)
4.      Colok POE Adaptor pada terminal listrik
5.      Buka Browser di Laptop/PC Anda (Chrome)
6.      Ketik IP NSM5 (192.168.1.20) di Address bar lalu tekan ENTER
7.      Setelah itu akan muncul halaman default NSM5 menggunakan Https maka akan muncul seperti dibawah ini
8.      Klik Advancedlalu klik Proceed to 192.168.1.20 (unsafe)
9.      Maka akan muncul Halaman login Awal Ubnt NSM5

10. Isikan Username: ubnt,  Password : ubnt, Country : Indonesia dan pilih bahasanya sesuai yang anda inginkan, lalu centang I agree these TERMS OF USE and the UBIQUITI FIRMWARE LICENSE AGREEMENT
11. Maka akan tampil halaman Main seperti dibawah ini
12. Klik Wireless lalu ikuti seperti yang ada di gambar dibawah ini (SSID atau nama perangkat sesuaikan dengan keinginan anda)
13. Untuk memasukkan password masih terdapat di TAB WIRELESS, sesuaikan dengan keinginan anda untuk type Security dan WPA Authentication.

14. Klik Change lalu klik Apply
15. Selanjutnya kita masuk ke Network,setting IP Address radio anda dan sesuaikan IP dengan jaringan anda, sebagiannya biarkan default. (Disarankan Untuk memakai DNS Google agar jaringan berjalan dengan stabil, Primary DNS Google : 8.8.8.8, Secondary DNS Google 8.8.4.4)
 16. Lalu klik Changelalu klik Apply
17. Untuk menggani nama perangkat(device name) anda masuk di menu system pilih device name dan ganti sesuai kenginan anda
18. Lalu klik Change lalu klik Save
19. Selesai

untuk yang suka lihat vidio bisa cek disini


Komentar

Postingan Populer